Friday 4 December 2015




 annyeonghaseyoo, chingudeul
Mau Share cerpen nih, cerpen yang aku buat sejak aku kelas 2 SMA. Awalnya malu mau posting cerpen tanpa judul ini, tapi daripada didemin aja entar basi, kan sayang. Cerpen yang sengaja aku buat untuk mengikuti salah satu lomba cerpen. Namun, gagal aku kirim, karena kurang PD.
 Kalo temen-temen setelah baca cerpen ini, menemukan ide buat memberi judul, tulis aja di kolom Komentar yaaa

 Happy Reading :D



Pagi ini memang cerah, tapi enggak secerah hati dan pikiran gue. Gimana mau cerah, hari ini adalah hari pertama gue OSPEK di kampus Bina Bangsa. Di daerah gue tinggal saat ini , enggak ada satu pun yang gue kenal, gue nekad kuliah jauh dari orangtua, sahabat, temen, saudara dan kerabat lainnya. Ok, kenalin dulu nama gue Clarisa, gue milih kuliah jauh dari ortu karena satu alasan gue yaitu gue pengen mandiri, enggak semua harus ditemenin ortu. Well, hari ini gue berangkat kesiangan , karena kebiasaan gue kalo di rumah selalu di bangunin sama mama, wajar kalo hari pertama gue kuliah lebih tepatnya hari pertama gue OSPEK gue telat.
Gue lari terbirit-birit setelah turun dari angkutan umum karena halaman kampus udah sepi. Mampus gue pasti telat, saat gue lari enggak sengaja gue nabrak kakak senior. Ini sih lebih dari mampus.


buuuuuugggg


“auuuuhhh” teriak gue karena kaget dan emang sakit banget di tabrak kakak senior setinggi itu.
“punya mata  enggak lo ! gue yang seganteng ini masa enggak keliatan ama lo !” teriak kakak senior yang enggak sengaja gue tabrak tadi.” What? Ganteng ? dia sebut dirinya ganteng, amit-amit banget nih senior” gerutu gue dalam hati sambil beresin peralatan OSPEK yang jatuh bertebaran di jalan. “Pasti elo anak baru ya ? huh, pantesan tampilan lo upay banget gitu” Tebak kakak senior itu. “Gini dibilang upay, lo tuh ya…… “ belum selesai gue marah-marah, sial gue kan paling enggak bisa marah sama cowok ganteng. Oh my god apa yang gue bilang tadi ganteng ? sial dia emang ganteng , tuhan tolong aku . gue bengong beberapa saat, entah udah kayak mana muka gue ngeliatin dia. “hello…… elo lagi enggak ngebayangin yang aneh-aneh tentang gue kan ?” suara sang senior yang heran liat gue kayak orang bego.
 “Eh,, anuu,… emmmm,,, aku permisi dulu kak, aku udah telat, daaaaaahhh “ serius aja ya , gue keabisan kata-kata kalo kayak gini. Gue langsung nerusin acara lari pagi sehat ala clarisa, yang setelah sampai di lapangan kampus tempat dimana OSPEK dilaksanakan, gue langsung jadi bulan-bulanan kakak senior. Well, bukan ini yang gue pengen , yang gue pengen itu gue jadi mahasiswi teladan selama OSPEK, tapi malah gini jadinya. “Eh, lo yang baru datang, kesini lo” teriak salah satu kakak senior. “Eh, iya kak” jawab gue coba buat tenang, “elo lari lapangan 100 kali, karena elo udah telat 100 detik” oceh nya yang langsung gue jawab “ ya ampun Cuma telat 100 detik aja hukuman nya segitu, OSPEK apaan nih” . “Bebasin aja anak itu mel, biar gue yang ambil alih” teriak kakak senior yang gue tabrak tadi dari kejauhan. Dalam hati gue enggak berenti-berenti nya berdoa semoga gue enggak langsung di bunuh sama senior yang gue tabrak tadi.”eh, samperin tuh senior kalo elo enggak mau gue hukum  sama hukuman yang lebih berat”. Kata senior yang gue liat dari kartu tanda panitia nya bernama Amel. Dengan gagap gue jawab “i..ii..yya..kak”.
“nama lo sapa ?” Tanya senior yang gue tabrak tadi yang dari id card nya tertulis “ Zian .R. N.  Hubungan Internasional”. “Nama gue Clarisa Wijaya” jawab gue lembut pake banget daaah. “oh, jadi nama lo Clarisa, lo udah tau nama gue kan ?” Tanya Zian pede. “u..uuu…dah kak “ mendadak gue gagap. “bagus kalo gitu, adik manis ha..ha..ha” ucapnya seraya pergi dengan tawa mengejek.
Alhasil, gue enggak jadi di hukum sama senior-senior enggak jelas itu. Yaaahh…. Hari-hari selama OSPEK berjalan lancar, enggak ada kata telat lagi, hukuman yang diberikan kakak-kakak senior nya juga masih dalam batas wajar, games yang diberikan juga seru dan mendidik. Setelah kenal ternyata kakak senior nya baik-baik kok, buktinya Kak Amel sama Kak Zian, mereka berdua bersedia bantuin gue kalo lagi kesusahan ngerjain tugas dari dosen karena mereka satu jurusan sama gue, Cuma bedanya mereka 2 tahun lebih dulu menggali ilmu disana.
Sekarang ini gue lagi deket sama Kak Zian , dia perhatian banget sama gue. Setiap gue mau berangkat kuliah dia selalu jemput gue ke kosan dan kalo gue pulang dia nganterin itu juga kalo dia enggak sibuk. “Clarisa, buruan dong ! gue ada kuliah pagi nih” teriak Kak Zian dari bawah, memang kamar kos gue berada di lantai dua. “iya kak…. Bentar” gue juga jadi sering teriak-teriak, karena Kak Zian enggak mau naek ke atas.

 
Gue sering banget jalan bareng sama Kak Zian , padahal gue kenal dia baru 2 bulan tapi gue ngerasa nyaman saat sama dia. Tapi, satu hal yang buat gue bingung kalo di kampus kak Zian enggak mau ngajak gue ngobrol ataupun pergi ke kantin bareng, mungkin dia malu kali ya , deket sama junior yang bedanya 2 tahun.
“clarisa, tungguin gue” teriak Robby, dia temen satu kelas gue di Kampus, “bu…ruu..an !” teriak gue rada enggak suka sama anak ini. Gimana gue mau suka, dia kemana-kemana selalu ngintilin gue. “denger-denger elo deket ya sama kak Zian ?” Tanya Robby kalem, “iya, emang kenapa ? elo cemburu ya ? ahahaha” jawab gue sekaligus menggoda Robby. “ enggak, pede banget deh lo” elak Robby malu-malu. “ah… ngaku aja deh Bby “ ucap gue menggoda. “udah,,ah.. enggak usah dibahas. Enggak penting banget tau!” jawab Robby sambil menarik tas punggung yang gue pake.
Kalo di Kampus gue deketnya sama Robby, bukan sama Kak Zyan. Kak Zyan Cuma nganterin doang sampe parkiran, setelah itu gue deketnya sama Robby. Sebenarnya enggak bisa dibilang deket sih, dianya aja yang ngintil terus, udah kaya gue induknya.
Udah 3 minggu ini, yang antar-jemput gue bukan Kak Zyan. Tapi, Robby, Ammi, Donny. Yah, mereka bertiga adalah temen sekelas gue sekaligus sahabat-sahabat gue. Ammi dan Donny udah resmi jadi pacar semenjak mereka di Sekolah Menengah Atas, jadi wajar aja kalo ada Ammi disitu pasti ada Donny, dan sebaliknya. “Clarissa, buruan dong, masa tiap pagi harus di teriakin sih” gerutu Ammi kesal. “iyya, sabar, gue lupa nyalain alarm tadi malem” jawab gue santai sambil menuju turun dimana mereka bertiga berada. Tatapan-tatapan sinis bercampur kesal menghiasi lantai satu kamar kost gue. “eh, kalian kenapa ? kok mukanya kaya lagi nahan kentut gitu” ucap gue tanpa muka bersalah. Robby yang cerewet langsung aja nyerocos “ elu ditungguin dari 20 menit yang lalu, sekarang baru keluar sambil nyengir-nyengir pula”. “maafin aku ya, jangan pada marah dong, keep smile” ucap ku sambil menarik pinggiran bibir mereka hingga membentuk senyum. “yaudah ayo,” Donny paling enggak tahan kalo sikap kekanak-kanakan mereka keluar lebih lama.
Di mobil Robby saat menuju kampus entah Ammi iseng atau memang ingin tau.
“clarissa, kamu udah enggak deket ya sama kak Zyan ?” Tanya Ammi. “iya, udah enggak deket. Dia yang ngejauhin aku. Memang kenapa ?” Tanya gue jadi penasaran.
“enggak apa-apa, tapi kemaren kakak tingkat pada bilangin kalo kak Zyan itu suka banget PHP” jawab Ammi mantap. “PHP ? apaan tuh ?” Robby langsung motong obrolan. “Pemberi Harapan Palsu” langsung gue jawab dengan kesal.
“yaudahlah, Ris. Biarin aja, kamu pasti dapet yang lebih baik kok” Donny menimpali dengan bijaksana. “ iya, Don, gue tau kok . emang Cuma gue cowok yang baik buat Clarrisa. hehehe” canda Robby yang langsung mendapatkan pukulan dari Donny. “huh, gue serius tau!” ambek Donny. Gue dan Ammi Cuma bengong ngeliat dua makhluk berjenis laki-laki ini berantem Cuma gara-gara obrolan Gue dan Ammi.
Enggak lama dari perdebatan Donny VS Robby, kita berempat sampai di Kampus tercinta ini. Waktu gue turun dari mobil, gue ngeliat kak Zian boncengan sama cewek, dan gue kaget cewek itu cantik banget . “eh, kak Zyan tuh “ Ammi langsung histeris, “iya itu tuh, sama cewek lagi” sambung Donny. Gue Cuma bisa diem aja, mau bilang apa, cowok yang sempet ngisi hari-hari gue selama dua bulan itu, udah sama pacarnya yang baru pulang dari pertukaran pelajar di Singapore. Yah, gue memang udah tau dari awal, tapi mungkin karena gue nya yang terlalu berharap kali ya, gue Cuma bisa ngetawain diri gue sendiri. Gue tau kak Zyan selama dua bulan Cuma lagi kangen aja sama pacar nya, makanya dia ngedeketin gue. Kayak buat pelampiasan gitulah. “ sabar ya Ris, lupain semua tentang Zyan. Dia udah balik ke pacarnya.” Ucap Robby sambil megang pundak gue. “iya, Bby, makasih ya” gue jawab dengan senyuman miris.
Setelah satu tahun kuliah, Donny dan Ammi mendapatkan kesempatan pergi ke Singapore untuk acara pertukaran pelajar. Yah, sekarang gue Cuma deket sama Robby, gue mulai sayang sama dia, enggak mau jauh dari dia. Robby udah kayak kakak buat gue, Robby juga udah ngilangin sikap kekanak-kanakan nya walaupun enggak semua dihilangin.
Beep,beep,beep.
Suara alarm memenuhi ruangan kamar kost. Yah, sekarang gue udah enggak pernah lupa masang alarm , karena tiap mau tidur pasti Robby nelpon dan ngingetin biar enggak lupa masang alarm.
Jadi tiap Robby jemput kekosan gue udah tinggal cuuuss aja deh. “sudah siap tuan putri” ledek Robby, sambil bukain pintu mobil. “ih, apaan sih lo, kalo gue tuan putri berarti elo pengawal gue dong  ?” gue langsung masuk ke dalam mobil.
Hahahahahah…… hari ini adalah hari pertama gue jalan sama Robby, tanpa Donny dan Ammi. Gue ngerasa agak canggung, jadi gue milih diem aja kalo Robby enggak nanya-nanya.
“Kita kemana nih, gue bingung” Tanya Robby sambil tengok kanan-kiri. Kayaknya dia salting juga deh, duga gue dalam hati. “ ke mall aja, gimana ?”. “Clarissa, kalo kita ke Mall doang ngapain gue jemput lu pagi banget tadi.” Tolak Robby. “gue mau ajak lo ke tempat gue kalo liburan waktu kecil, mau enggak ? Tanya Robby dengan mimic wajah, elo harus mau !.
“eiitttsss… kemana dulu ? kalo ke kebun binatang sih gue ogah” tolak gue sok tau.
“ ke pantai. Kalo elo enggak mau Karena takut kotor juga enggak apa-apa kok.” Ucap Robby pasrah.
“APA? PANTAI ?” teriak gue yang disambut bingung sama Robby. “MAU…. MAU banget Bby” gue langsung kesenengan . soalnya gue udah lama enggak ke pantai.
“bener elo mau ke pantai bareng gue ?” Tanya robby, memastikan. “ iya, mau. Ayo buruan..” rengek gue enggak sabar.
1 jam perjalanan Gue dan Robby sampe di pantai. Gue sama robby bersenang-senang di pantai. Sampai enggak terasa hari mulai menjelang petang. Gue udah enggak jingkrak-jingkrak lagi sama ombak, gue udah puas dan ngerasa capek banget. Tapi, gue keilangan Robby, gue merhatiin sekeliling dan enggak gue liat Robby di situ. “Rob,,Robby,,” teriak gue panik. Hampir 15 menit gue nyariin Robby, sampe gue nyerah dan nangis di pinggir pantai, karena mau ke parkiran mobil, itu jarak nya cukup jauh. Dan enggak mungkin juga Robby ninggalin gue disini. Pikiran gue udah kemana-kemana, gimana kalo seandainya Robby keseret ombak, dia tenggelem, dia enggak bisa renang karena kakinya kram , trus dia mati. Aaahhhh… air mata gue makin deres ngalir nya. Sekarang bukan isakan kecil yang keluar tapi gue hampir sesenggukkan. Pantai udah mulai sepi.
Tiba-tiba ada sepasang tangan ngegenggam pundak gue dan bilang “ elo nyariin gue ?”. gue bangun dari duduk dan langsung meluk pemilik suara yang enggak asing lagi buat gue.
“elo kemana Bby? Gue khawatir banget takut elo mati keseret arus” ucap gue masih sedikit terisak. “gue Cuma ngambil ini di mobil buat elo “ jawab Robby sambil ngeluarin sepasang kura-kura. “ elo mau kan rawat kura-kura ini?” Tanya nya . gue Cuma bisa nganggukin kepala. “ elo juga mau kan jadi pacar gue ?” ucap Robby. “ iya gue mau… “.
“udah dong, kalo gitu nangisnya, kan udah ketemu Robby nya “ ucap Robby dengan tampang polos kekanak-kanakkan dan langsung lari setelah mencium kening gue. “awas ya kalo kamu nakalin Clarissa lagi” ucap gue sambil ngejer Robby.
Indah nya pantai sore menemani hubungan baru yang dimulai dari teman kemudian menjadi sahabat lalu menjadi sepasang kekasih .

THE END

Faranda's Blog . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates